MODUL AJAR FISIKA PERUBAHAN ENERGI1.IDENTITAS MODUL Nama Penyusun : Budiman, S.Pd.Satuan Pendidikan : SMKN 3 BarruFase / Kelas : E / XSemester : 2Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP x 45 menit)2.KOMPETENSI AWAL-Peserta didik sudah memahami metode ilmiah, melakukan penyelidikan, mengumpulkan data, mengevaluasi, dan membuat laporan ilmiah.-Peserta didik sudah memahami pengertian energi dan sumber-sumber energi di alam.3. PROFIL PELAJAR PANCASILAProfil pelajar Pancasila yang diharapkan dalam modul ajar ini dapat membentuk peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, berkebinekaan global, dan gotong royong.4.SARANA DAN PRASARANAa.Sarana: laptop, Smart Phone, papan tulis, dan LCD.b.Prasarana : Media PhET Simulation, LKPD, bahan ajar, Buku IPA Fisika Untuk SMK/MA Kelas X Kurikulum Merdeka. Jakarta: Erlangga dan Referensi lain yang relevan.5.PEMAHAMAN PERMAKNAa.Hukum Kekekalan Energib.Bentuk-Bentuk Energi di Alamc.Perubahan Energi6.TARGET PESERTA DIDIKa. Peserta didik reguler/tipikal.b. Peserta didik dengan kesulitan belajar.c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi.7.MODEL PEMBELAJARANModel Pembelajaran : Model PBLMetode Pembelajaran : Esperimen Virtual dengan PhET simulation, DiskusiMedia Pembelajaran : 1. Penggunaan Media Canva2.Penggunaan Media Quizizz atau Wordwall3.Penggunaan Media Virtual dengan PhET simulation4.Penggunaan Media Website8. TUJUAN PEMBELAJARANa.Peserta didik dapat menerapkan perubahan energi melalui kegiatan eksperimen dengan media PhET simulation.b.Peserta didik dapat menyimpulkan perubahan-perubahan energi melalui kegiatan eksperimen.c.Peserta didik dapat menganalisis bentuk-bentuk energi di alam dan perubahannya.d.Peserta didik dapat mengevaluasi bentuk-bentuk energi di alam dan perubahannya.9. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARANTema: Energi dan Perubahannya.Alokasi waktu : 2x45 menitA. KEGIATAN PENDAHULUAN (WAKTU 10 MENIT)●Peserta didik berdoa dan memberi salam dilanjutkan dengan absensi kehadiran peserta didik.●Peserta didik menyimak penjelasan dari guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.●Guru menyampaikan Teknik penilaian kepada peserta didik.●Guru melakukan apersepsi tentang sumber-sumber energi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.B. KEGIATAN INTI: “SINTAKS MODEL PBL” (70 menit)Tahap 1 Orientasi Masalah (Waktu 5 Menit)
Guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan perubahan bentuk-bentuk energi dengan menyajikan berbagai gambar melalui website.